Account Receivable

Digunakan untuk membuat invoice untuk Agent yang sudah membayar tagihan dari tamu yang dibawa ke hotel, dan akan diproses ke Revenue.

Untuk mengakses Account Receivable, dapat melalui Accounting -> Account Receivable.

Tampilan awal akan memperlihatkan informasi Account Receivable List

Bila ada Agent yang membayar ke hotel untuk tamu yang dibawa ke hotel, maka pilih salah satu Agent tersebut yang ada di Account Receivable Listdan klik Create Invoice.

Selanjutnya akan ditampilkan Create Invoice Form.

Disini anda akan memilih tamu yang mana yang dibayar oleh Agent tersebut, bila akan membayar semua tagihan tamu yang dibawanya, bisa klik Mark All bila hanya salah satu, bisa klik centang pada salah satu Folio tamu yang dibayar.

Bila sudah memilih, selanjutnya akan muncul Total Harga yang dibayar dan Reference No, disini anda dapat mengisi Reference No, dan selanjutnya klik Create Invoice.

Setelah anda membuat Invoice, maka invoice tersebut akan masuk ke Invoice List, di Invoice List akan memperlihatkan informasi yang sudah membayar maupun yang belum membayar dengan warna, jika warnanya merah artinya belum membayar, jika sudah hitam artinya sudah membayar.

Untuk melakukan pembayaran, selanjutnya klik Action -> Payment.

Selanjutnya akan ditampilkan Form AR Payment, dan isikan form tersebut :

  • Reference No : Untuk mengisi No Reference.
  • Type : Digunakan untuk memilih Type pembayaran.
  • Total Paid : Mengisi total pembayaran yang telah dilakukan.
  • Payment Account : Memilih salah satu Account untuk menerima pembayaran.
  • Notes : Mengisi catatan bila ada catatan.

Bila sudah terisi, selanjutnya bisa klik Paid, dan informasi tersebut akan masuk ke Report Revenue.

Sekian Tutorial Account Receivable, Semoga bermanfaat dan Terima Kasih.

Was this article helpful?

Related Articles