Cara Menggunakan Early Bird Booking Engine

Pada Booking Engine GuestPro Cloud PMS, terdapat modul Earlybird yang dapat digunakan untuk memberikan diskon kepada tamu yang telah melakukan reservasi di jauh hari sebelumnya.

Misalnya dari sebuah kejadian biasanya ada tamu yang sudah melakukan perencanaan liburan untuk bulan depan, dan tamu ingin booking terlebih dahulu sebuah hotel untuk menginap untuk bulan depan tersebut, jadi karena tamu tersebut sudah melakukan booking jauh hari anda bisa memberikan diskon untuk tamu tersebut untuk membuat tamu tersebut berminat untuk booking di hotel anda dan hal tersebut disebut dengan Earlybird.

Pada Booking Engine GuestPro sudah disediakan metode untuk melakukan Earlybird supaya memberikan harga yang menarik bagi tamu yang sudah bisa melakukan pemesanan booking dari jauh hari.

Untuk mengakses modul tersebut ada di Booking Engine -> Earlybird.

Setelah itu akan menampilkan list Earlybird seperti berikut :

Selanjutnya, untuk menambahkan Earlybird yang baru dapat klik New dan akan menampilkan form seperti berikut :

Pada form berikut harus dilengkapi terlebih dahulu :

  • Name : Digunakan untuk memberikan nama Earlybird yang akan dibuat.
  • Cut Off : Menentukan jarak hari untuk Earlybird, bisa membuat jarak berdasarkan hari.
  • Sale Period : Merupakan periode tanggal penjualan dari promo Earlybird. Pada tanggal “Sale Period” yang dipilih promo akan ditampilkan pada Booking Engine.
  • Applicable Sale Days : Digunakan untuk memilah hari penjualan dari promo Earlybird. Kita bisa menentukan dihari apa saja promo tersebut akan tampil pada Booking Engine.
  • Stay Period : Merupakan periode tanggal menginap dari promo Earlybird. Pada tanggal “Stay Period” yang dipilih promo akan ditampilkan pada Booking Engine.
  • Applicable Sale Days : Digunakan untuk memilah hari menginap dari promo Earlybird. Kita bisa menentukan dihari apa saja promo tersebut akan tampil pada Booking Engine.
  • Apply on : Menentukan apakah harga yang dipotong tersebut hanya last night, every night atau first night.
  • Discount Option : Memberikan harga discount untuk Earlybird.
  • Max use : Menentukan maksimal penggunaan promo rate tersebut.
  • Affected : Digunakan untuk menentukan rate yang akan digunakan Earlybird.
  • Status : Digunakan untuk menentukan apakah Earlybird ini di aktifkan atau tidak.
  • Description : Digunakan untuk memberikan deskripsi pada Earlybird tersebut.

Jika sudah di save, anda dapat mencoba Promo Earlybird dari Booking Engine berdasarkan waktu yang telah anda tentukan pada Cut Off misalnya seperti berikut :

Pada Cut Off tersebut disetup untuk 2 hari (2 Day) yang artinya Earlybird tersebut akan aktif pada Booking Engine bila stay harinya diatas 2 hari tersebut.

Dari gambar tersebut dijelaskan jika sekarang adalah tanggal 11 September 2018, jadi jika ingin mendapatkan diskon Earlybird maka harus diatas dari 2 hari seperti yang sudah disetup pada metode Earlybird pada form Cut Off dan akan memunculkan Earlybird di Booking Engine seperti berikut :

Dari gambar tersebut terlihat muncul tag Early Bird Deal, dan hanya berlaku untuk New Year Rates seperti disetup pada Earlybird di form Affected:

Selanjutnya anda dapat melihat More Information pada rate untuk melihat rate breakdown yang telah dipotong dengan diskon seperti berikut :

Rate Breakdown memperlihatkan detail harga yang dipotong harganya dan dari detail tersebut terlihat untuk di hari pertama (First Night) yang akan terpotong, dan itu di tentukan dari form Apply On pada Earlybird. dan akan dipotong sesuai dengan berapa Discount yang diberikan.

Selanjutnya anda dapat klik Book Now pada Booking Engine anda, dan anda dapat melihat detail biaya yang akan didapatkan.

Dari detail tersebut dijelaskan Room Charges mendapatkan Rp 7,620,000 dan dikurangi dengan Discount Early Bird Rp 100,000 jadi akan mendapatkan harga Total Rp 7,620,000. Deposit due now artinya tamu akan membutuhkan uang muka sebesar Rp 752,000 sesuai dengan yang telah di setup di Booking Engine -> General Setting -> Deposit

dan Payment surcharge artinya biaya tersebut dikenakan sesuai dengan Payment Gateway yang digunakan (misalnya Doku) dan dikenakan tarif sesuai disetup pada Booking Engine -> General Setting -> Payment Type Setting -> Payment Gateway -> Payment Gateway Surcharge

Selanjutnya deposit tersebut akan ditambahkan dengan Payment Gateway Surcharge sehingga mendapatkan Total Deposit due now Rp 774,560.

Jika sudah selesai melakukan reservasi melalui Booking Engine, di Reservation Chart GuestPro Cloud PMS akan menerima reservasi tersebut seperti berikut

Reservasi tersebut perlu di lakukan Pending Payment untuk dapat konfirmasi jika tamu tersebut sudah melakukan pembayaran uang muka

Selanjutnya bisa pilih Payment Method yang dilakukan oleh tamu dan masukan total pembayaran yang telah dibayarkan oleh tamu tersebut, dan klik Approve

Reservasi tersebut sudah berhasil melakukan pembayaran dan sudah diakui sebagai Reservasi.

Was this article helpful?