Mobile Front Desk

Pada menu Front Desk ini dapat berfungsi untuk mengelola semua kegiatan terkait dengan reservasi seperti misalnya Check In, cancel Check In, Check Out, cancel Check Out, In House, melakukan Payment, Edit Reservasi, menambah Extra Bed, menambah Product, dan Print Guest Bill.

Untuk dapat menggunakan Front Desk anda dapat diakses dari Menu -> Front Desk.

Tampilan awal yang akan diperlihatkan adalah Kalender Reservasi (Reservation Calendar).

Pada Kalendar Reservasi (Reservation Calendar), anda dapat menggunakan untuk melihat aktivitas tamu yang akan melakukan Check In, Check Out, Cancel Reservation, Edit Reservation, Add Extra Bed, Add Product, Print Bill, dan Payment.

Untuk status Reservasi, Check In, dan Check Out dapat dibedakan berdasarkan warna dari reservasi tersebut, pada status Reservasi akan memperlihatkan status berwarna kuning, Check In memperlihatkan status berwarna Hijau, dan Check Out status berwarna merah, jika ada Room Maintenance maka status warna yang akan diperlihatkan adalah hitam.

Pada tampilan tersebut, ada beberapa fitur yang dapat digunakan seperti Search, Availability, New Reservation.


Search

Pada Pencarian (Search), dapat digunakan untuk melakukan pencarian folio tamu berdasarkan Tanggal, Status, Guest Profile, Room Name, Folio No.

Untuk dapat mengakses Search pada Front Desk, klik icon .

Untuk melakukan pencarian data reservasi bisa dengan klik icon .

Isikan formnya sesuai dengan yang ingin anda cari, seperti contohnya ingin mencari guest profile maka isikan data guest profile.

Dan klik search reservation dan data dengan nama guest profile yang dicari akan diperlihatkan seperti berikut :

Keterangan :

  1. Memperlihatkan Nama Tamu
  2. Memperlihatkan Agent yang membawa tamu tersebut ke hotel anda
  3. Memperlihatkan nomer kamar dan tipe kamar
  4. Memperlihatkan tanggal tamu akan melakukan Check In dan tanggal akan melakukan Check Out.
  5. Memperlihatkan status tamu tersebut apakah Check In, Check Out, Tentative, Cancelled.
  6. Memperlihatkan Berapa malam tamu tersebut menginap.
  7. Memperlihatkan berapa jumlah orang dewasa pada kamar tersebut.
  8. Memperlihatkan berapa jumlah anak – anak yang ada pada kamar tersebut.

 

Availability

Pada Availability, anda dapat melakukan pengecekan kamar yang tersedia berdasarkan Tanggal (Date) dan Tipe Kamar (Room Type).

Untuk dapat akses Availability anda klik icon  di front desk di Availability.

Anda dapat melihat room yang ingin dilihat dan bisa melakukan filter menggunakan tipe kamar maupun tanggal.

Setelah anda melakukan filtering, anda akan diperlihatkan Availability berdasarkan pada tanggal dan jumlah kamar yang masih Tersedia (Available).


 

New

Pada New Reservation, anda dapat menggunakan untuk membuat reservasi baru bila ada tamu yang akan melakukan reservasi.

Untuk dapat akses New Reservasi anda dapat klik icon , selanjutnya melakukan reservasi baru, langkah – langkah yang harus dilakukan adalah melengkapi form seperti berikut :

  • Arrival : Tanggal check in tamu.
  • Departure : Tanggal check out tamu.
  • Agent : Channel Reservasi (Walkin, OTA, Booking Engine, Direct, etc).
  • Room Type : Tipe kamar yang diinginkan tamu.
  • No Of Room : Jumlah kamar yang dipesan.

jika sudah maka akan masuk ke room detail, lengkapi form berikut :

  • Guest Profile : Informasi detail dari tamu yang akan menginap.
  • No Reference : Nomor Referensi dari Reservasi tersebut.
  • Room : Kamar yang dipesan.
  • Adult : Jumlah tamu dewasa yang akan menginap.
  • Child : Jumlah tamu anak – anak yang akan menginap.
  • Rates : Detail dari Rate/Harga kamar yang dikenakan kepada tamu.
  • Extra Bed : Bed tambahan sesuai permintaan tamu.
  • Special Request : Permintaan tambahan dari tamu.
  • Remark : Catatan tambahan terkait reservasi tersebut.

Jika sudah dilengkapi selanjutnya klik Complete.

Setelah itu selanjutnya data tersebut akan disimpan dan diperlihatkan pada Front Desk.

Sekian dari tutorial penggunaan Front Desk Mobile. terima kasih.

Was this article helpful?

Related Articles