Night Audit

Proses Tutup Harian (Night Audit)

Proses Tutup Harian (Night Audit) adalah proses perhitungan kelompok pendapatan dan kelompok pembayaran dari seluruh transaksi yang terjadi di hotel selama hari tersebut atau bisa juga disebut tutup buku harian agar dapat dikeluarkan laporan-laporan revenue, perhitungan occupancy dan laporan – laporan lain yang bersifat analisa.

  • Untuk memulai proses Night Audit, masuk ke layar Night Audit yang merupakan Sub Menu dari Menu Front Desk

Dari menu Night Audit, anda akan diperlihatkan

  • Night Audit : digunakan untuk melakukan Night Audit jika tidak ada Unclear Reservation atau Reservasi sudah clear
  • Unclear Reservation : digunakan untuk memperlihatkan Reservasi yang belum selesai seperti contohnya belum Check in atau Check out.
  • Breakdown Data Transaction : digunakan untuk memperlihatkan transaksi yang telah terjadi pada tanggal tersebut, dan anda telah dimudahkan cara melihat terjadinya transaksi.

Night Audit

na3

Tombol night audit akan muncul jika seandainya tidak ada Unclear Reservation dan digunakan untuk melakukan Night Audit agar semua transaksi yang telah terjadi dapat dipostkan ke Report, begitu juga akan melanjutkan ke aktifitas hari berikutnya

Unclear Reservation

Unclear Reservation digunakan untuk memperlihatkan informasi jika ada reservasi masih belum clear atau belum selesai dilakukan seperti contohnya ada tamu yang belum melakukan Check in, dan belum Melakukan Check out

Data Transaction

Dari transaksi tersebut, anda sudah dapat mengetahui beberapa hal berikut :

  • View 1. menampilkan tanggal terjadinya transaksi.
  • View 2. menampilkan Tipe kamar – nomor kamar – nama tamu (Room ChargeStandart – 114 – Kadek Sudarmadi).
  • View 3. menampilkan tanggal terjadinya transaksi.
  • View 4. menampilkan kemana COA transaksi tersebut akan disimpan.
  • View 5. memperlihatkan siapa yang melakukan transaksi tersebut.
  • View 6. memperlihatkan nama dari product yang terjual.
  • View 7. memperlihatkan jumlah / total transaksi yang didapatkan.
  • View 8. memperlihatkan commission untuk OTA.
  • View 9. memperlihatkan berapa mendapatkan Service.
  • View 10. memperlihatkan berapa mendapatkan Tax.
  • View 11. memperlihatkan berapa mendapatkan Net Price.
  • View 12. memperlihatkan total dari berapa total untuk Amount, Commission, Service, Taxes, Net Price untuk tamu tersebut.
  • View 13. menampilkan transaksi dari POS.
  • View 14. menampilkan total yang akan masuk ke COA.
  • View 15. menampilkan Payment, dan memperlihatkan format nama user – tipe pembayaran (admin – cash).
  • View 16. menampilkan ke COA mana Payment tersebut akan di simpan.
  • View 17. menampilkan deskripsi pembayaran yang telah terjadi, jika pembayaran adalah untuk kamar, maka memiliki format nomor folio – nama tamu – tipe kamar – nomor kamar (Folio #139 – Wayan Mastra – Special – GSG), sedangkan jika pembayaran adalah transaksi dari POS maka akan tampil dengan format nama tamu – nomor transaksi (Wayan – demo-20180619-010434).
  • View 18. menampilkan jumlah payment yang telah dilakukan.
  • View 19. menampilkan total payment yang terjadi dan akan masuk ke COA yang telah dibuat.

Sebelum mengeksekusi proses Night Audit, pastikan terlebih dahulu bahwa sudah tidak ada Unclear Reservation, karena proses Night Audit tidak bisa berjalan jika masih terdapat Unclear Reservation.

Untuk menyelesaikan Unclear Reservation, kita dapat melakukan men-check in kan, men-check out kan tamu atau melakukan extend ke hari berikutnya maupun bisa melakukan Make No Show.

na3Setelah semua Unclear Reservation telah ditindak lanjuti maka langkah selanjutnya adalah klik tombol Night Audit Process, Jika proses Night Audit berjalan lancar maka tanggal system akan berganti ke hari berikutnya.


 

Make No Show

Digunakan untuk dapat menyembunyikan reservasi tersebut tanpa melakukan Cancel Check in.

Was this article helpful?

Related Articles