Berikut merupakan video tutorial tentang tahapan untuk mulai menggunakan GuestPro Cloud PMS, disini tutorial dibagi menjadi dua, bagian pertama akan menjelaskan panduan untuk memulai menggunakan GuestPro, dan bagian kedua menjelaskan panduan mengenai cara mengelola kegiatan oprasional front office.
A. Panduan untuk memulai menggunakan GuestPro
- Pengaturan Awal
Tahap pertama yang harus anda lakukan adalah menginput data mengenai properti anda yang telah didaftarkan di GuestPro Cloud PMS, untuk lebih jelas dapat dilihat pada video tutorial dibawah.
Pada video diatas sudah dijelaskan mengenai data data yang harus diinput guna dapat menggunakan Cloud PMS dengan maksimal, untuk pengisian data lebih lanjut akan dijelaskan pada tutorial selanjutnya.
- Master Data Agent
Data yang perlu anda masukan disini adalah data mengenai agent agent yang anda ajak bekerjasama, penjelasannya dapat anda lihat di video tutorial dibawah ini.
- Room Type
Data yang selanjutnya diperlukan adalah data mengenai tipe tipe kamar yang ada di properti anda. Penjelasan dapat dilhat pada video tutorial dibawah.
- Pengaturan Kamar
Jika anda sudah selesai menginput data mengenai tipe tipe kamar yang ada di properti anda, selanjutnya data yang perlu anda masukan adalah keterangan mengenai kamar yang ada di properti anda, data tersebut mencakup nama kamar tersebut dan no kamar tersebut. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat di tutorial dibawah.
- Pengaturan Rates
Data yang selanjutnya perlu diinput adalah data mengenai tarif kamar yang ada di properti anda, Untuk lebih jelasnya dapat dilihat di tutorial dibawah.
- Pengaturan Grup
Data ini mencakup grup yang akan datang ke properti anda sehingga nantinya anda bisa melakukan grup reservation.
- Pengaturan Warehouse
Data selanjutnya yang perlu diinput adalah data mengenai warehouse atau gundang untuk mengelola tempat persediaan barang. Anda dapat melihat tutorialnya di video dibawah ini.
- Pengaturan Units
Data terakhir yang perlu anda masukan adalah data mengenai unit atau produk produk yang ada di properti anda, untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada tutorial dibawah.
B. Panduan untuk mengelola kegiatan operasional Front Office
- Transaksi Front Desk
Pada video tutorial dibawah akan dijelaskan panduan melakukan transaksi menggunakan GuestPro Cloud PMS untuk bagian Front Desk.
- Panduan untuk mengelola transaksi Accounting
Di Video tutorial ini akan dijelaskan cara mengelola transaksi accounting menggunakan GuestPro Cloud PMS. Untuk tutorialnya dapat dilihat di video dibawah ini.
- Panduan untuk mengelola transaksi Point of Sales
Video tutorial yang ketiga akan menjelaskan mengenai panduan untuk melakukan transaksi menggunakan Point of Sales.
- Panduan untuk mengelola Report
Pada tutorial terakhir ini akan dijelaskan mengenai cara mengelola report atau laporan mengenai transaksi atapun kegiatan oprasional lainnya.
Semoga bermanfaat dan Terima Kasih.