Proses Check In

Check In adalah kegiatan reception atau penerimaan kedatangan tamu yang sebelumnya telah melakukan reservasi sedangkan Walk In adalah kegiatan reception  atau penerimaan kedatangan tamu yang datang langsung tanpa melakukan reservasi sebelumnya.

Proses Check In pada GuestPro dapat dilakukan melalui dua cara yaitu:

  1. Check In Melalui Menu Dashboard, dan
  2. Check In Melalui Menu Reservation

 

Check In Melalui Menu Dashboard


 

ci_43

  • Masuk ke Menu Dashboard, kemudian perhatikan Section Today Activities, pada Section ini terdapat 3 Tab antara lain: Arrival (Tamu yang diperkirakan akan Check In hari ini), In House (Tamu yang sedang Check In hari ini), dan Departure (Tamu yang diperkirakan akan Check Out Hari Ini).
  • Kemudian pilih Tab Arrival dan temukan informasi tamu yang akan di proses.
  • Untuk melakukan proses Check In, klik Tombol Check In pada tamu yang dimaksud, hingga muncul pertanyaan Are you sure to Check In this reservation ? ”.

ci2

  • Klik OK untuk finalisasi proses Check In

Check In Melalui Menu Reservation


 

  • Masuk ke Menu FrontDesk → Reservation
  • Pada Section Reservation Chart, klik pada reservasi yang akan Check In hingga tampil layar seperti gambar berikut ini:

  • Untuk melakukan proses Check In, klik Tombol Check In, hingga muncul pertanyaan “ Are you sure to Check In this reservation ? ”.

ci2

  • Klik OK untuk finalisasi proses Check In.

Was this article helpful?

Related Articles