Fitur Deposit atau DP (Down Payment)

Fitur Deposit atau DP (Down Payment)

Fitur Deposit merupakan fitur yang dapat digunakan untuk mendaftarkan atau mencatat titipan pembayaran yang dilakukan oleh Guest (Tamu) atau Agent. Deposit diakui ketika reservasi sudah check-in dan sudah melalui Night Audit atau Posting Jurnal (jika menggunakan fitur Posting Jurnal).

1. Mencatat Deposit

Pencatatan Deposit pada GuestPro Cloud PMS dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu: menambahkan ketika pembuatan reservasi (Create Reservasi) dan/atau ditambahkan dari modul Accounting >> Deposit.

1.1. Menambahkan Deposit ketika Create Reservasi

Penambahan atau pencatatan Deposit ketika pembuatan reservasi dapat dilakukan dengan mencentang add deposit pada formulir Create Reservation, dimana nantinya Deposit didaftarkan pada tamu sesuai dengan nama tamu yang dipilih (Guest Profile).

Add Deposit pada Formulir Create Reservasi

1.2. Menambahkan Deposit dari Modul Accounting

Penambahan deposit dari modul accounting dapat dilakukan pada Accounting >> Deposit, Penambahan deposit pada modul accounting dikelompokkan menjadi 2 yaitu: Deposit Customer & Deposit Agent.

(a)

(b)

Add Deposit pada Modul Accounting

(a)

(b)

Formulir Add Deposit pada modul Accounting

Tabel 1.1. Formulir Deposit

Field Keterangan
Date Date merupakan informasi tanggal dilakukannya Deposit
Transaction No. Transaction No. merupakan informasi nomor transaksi (Dapat dikosongkan, maka dibuat otomatis oleh sistem)
Payment Method Payment Method merupakan metode pembayaran yang digunakan untuk memberikan Deposit pada Property.
Customer/ Agent Customer atau Agent merupakan informasi Agent atau Customer yang melakukan Deposit.
Amount Amount merupakan informasi jumlah deposit
Notes Notes merupakan catatan untuk Deposit (Dapat dikosongkan).

 

2. Menggunakan Deposit

2.1. Menggunakan Deposit pada Reservasi

Penggunaan Deposit dapat dilakukan dengan menekan tombol payment pada reservasi, jika Tamu atau Agent dari Reservasi memiliki deposit, maka muncul tabel Deposit. Payement Deposit otomatis mengurangi Outstanding dari Reservasi.

Payment dengan Deposit pada Reservasi

2.2. Menggunakan Deposit pada POS

Penggunaan Deposit dapat dilakukan dengan menambahkan informasi customer atau agent pada transaksi. Tab By Deposit akan muncul ketika melakukan payment jika agent dan/atau customer yang ditambahkan pada transaksi memiliki Deposit.

Deposit yang sudah digunakan sebelumnya otomatis akan dimasukan ke Deposit On Hold & pengakuan Deposit dilakukan ketika sudah dilakukan Night Audit atau Jam 23.59.

Payment dengan Deposit pada POS

Was this article helpful?

Related Articles