Master Data – Room

Room

Master Data Room digunakan untuk mengelola kamar di properti. Master Data Room berfungsi untuk mendaftarkan, edit atau delete kamar yang tersedia di properti.

Gambar 1. Halaman Master Data Room

Halaman Master Data Room (Gambar 1) dapat diakses melalui Master Data >> Room. Menu Room menampilkan informasi kamar yang sudah didaftarkan pada sistem (Name, Room Type, Bed Type, Position Calendar, Virtual Room). Halaman Master Data Room memiliki 4 tombol didalamnya yaitu: Tombol Add New, Action, Edit & Delete.

 

1.1.   Add New Room

Add New Room berfungsi untuk menambahkan Data Room pada sistem. Berikut langkah-langkah untuk mendaftarkan Room baru:

  1. Pertama klik tombol Add New pada halaman Master Data Room

Gambar 2. Add New Room

Proses awal menambahkan Room baru yaitu dengan menekan Tombol Add New pada Halaman Master Data Room (Gambar 2).

 

  1. Langkah kedua untuk menambahkan Room yaitu pengisian data pada form

Gambar 3. Form Pendaftaran Room

            Form pendaftaran Room (Gambar 3) muncul ketika Tombol Add New di klik. Data yang harus dimasukkan pada Form add New Room yaitu:

Tabel 1. Field Form Add Room

Field Keterangan
Name Name diisikan dengan nama Room
Room Type Room Type diisikan sesuai dengan Room Type yang sudah didaftarkan
Bed Type Room Type diisikan sesuai dengan Room Type yang sudah didaftarkan
Position Calendar Position Calendar diisikan dengan nomor urutan Room pada Reservation Calendar (dimulai dari 0)

Semua data pada proses pendaftaran room wajib untuk diisikan. Proses pendaftaran Room tidak akan dapat dilanjutkan jika data tidak diisikan (kosong).

  1. Langkah terakhir untuk menambahkan Room baru

Gambar 4. Submit atau Cancel Add Room

            Langkah terakhir proses menambahkan Room yaitu dengan menekan tombol Submit atau Cancel (Gambar 4). Tombol Submit digunakan untuk menyimpan Room sedangkan Tombol Cancel membatalkan proses pendaftaran Room.

 

1.3   New Room Virtual

Add New Room Virtual berfungsi untuk menambahkan Virtual Room pada sistem. Virtual Room (Main Room) tersusun dari beberapa Room (Child Room). Contoh dari Virtual Room adalah Villa dimana Satu Villa (Main Room) terdiri dari beberapa kamar (Child Room). Virtual Room tidak mempengaruhi Occupancy atau Room Available.

Gambar 5. Ilustrasi Virtual Room

Gambar 5 merupakan ilustrasi dari Virtual Room dimana ketika Main Room ada reservasi maka secara otomatis Child Room tidak dapat lagi dibooking (Child Room otomatis terblock). Begitu juga sebaliknya ketika salah satu atau seluruh Child Room penyusun Main Room sudah ada reservasi maka Main Room tidak dapat dipilih ketika pembuatan reservasi pada tanggal bersangkutan. Berikut langkah-langkah untuk membuat Virtual Room:

Pertama klik tombol Add New pada halaman Master Data Room

Gambar 6. New Virtual Room

Proses awal pembuatan Virtual Room yaitu dengan menekan tombol New Virtual Room pada halaman Master Data Room (Gambar 6).

  1. Langkah Kedua untuk menambahkan Room yaitu pengisian data pada form

Gambar 7. Form New Virtual Room

            Form pendaftaran Virtual Room (Gambar 7) muncul ketika tombol Action >> New Virtual Room di klik, pada Form Add New Virtual Room data yang harus diinputkan yaitu:

Tabel 1. Field Form Add Room

Field Keterangan
Name Name diisikan dengan nama kamar.
Room Type Room Type diisikan sesuai dengan  yang sudah tipe kamar didaftarkan.
Position Calendar Position Calendar diisikan dengan nomor urutan kamar pada Reservation Calendar (dimulai dari 0).
Room Child Room Child  dapat terdiri dari satu atau lebih kamar penyusun dari Virtual Room. Room Child yang dapat dipilih merupakan room yang sudah didaftarkan sebelumnya.

Proses pendaftaran Virtual Room semua data wajib untuk diisikan & Child Room harus dipilih. Proses pendaftaran New Virtual Room tidak akan dapat dilanjutkan jika data tidak lengkap.

 

  1. Langkah terakhir untuk menambahkan Virtual Room baru

Gambar 8. Submit atau Cancel Add Room

            Langkah terakhir proses New Virtual Room yaitu dengan menekan Tombol Submit atau Tombol Cancel (Gambar 8). Tombol Submit digunakan untuk menyimpan Virtual Room sedangkan Tombol Cancel untuk membatalkan proses pendaftaran Virtual Room.

 

1.4   Edit Room

Edit Room berfungsi untuk melakukan perubahan data pada Room atau Virtual Room yang sudah didaftarkan sebelumnya. Edit dilakukan dengan menekan Tombol Edit pada halaman Master Data Room.

 

1.5   Delete Room

Delete Room berfungsi untuk menghapus data Room atau Virtual Room yang sudah didaftarkan sebelumnya. Delete dilakukan dengan menekan Tombol Delete pada halaman Master Data Room.

Was this article helpful?

Related Articles