Purchase Request (PR) & Purchase Order (PO)

1. Purchase Request (PR)

Purchase Request (PR) merupakan sub modul yang digunakan untuk membuat atau mendata produk yang dibutuhkan oleh Departemen dan harus di Approve atau disetujui oleh atasan (Posision yang lebih tinggi) & data yang tampil hanya PR sesuai dengan Departemen yang diaktifkan pada Employ. Modul Purchase Request di GuestPro dapat diakses dari Modul Logistic >> Purchase Request.

Gambar 1.1. Sub Modul Purchase Request

1.1. Purchase Request List

Halaman pertama yang tampil Ketika akses Purchase Request adalah PR List. Halaman PR list menampilkan informasi Tabulasi sesuai dengan status dari PR:

Tab (Tabulasi) Keterangan
PR Requested PR Requested merupakan status ketika pertamakali dibuat & masih proses Approvalnya.
PR Approved PR Approved merupakan status ketika sudah di Approve & bisa dilanjutkan ke PO.
PR Closed PR Closed merupakan status PR sudah ditutup.
PR Incompleted PR Incompleted merupakan status jika PR sudah dibuat menjadi PO, namun ada item PR yang belum diproses menjadi PO.
PR Completed PR Completed merupakan status untuk PR & semua produk didalamnya sudah diproses menjadi PO.

Halaman PR list menampilkan informasi Purchase Request yang terdiri dari: PR Number PO, Number, Department, PR Date, Created By, Created Time, Notes, Total.

Field Keterangan
PR Number PR Number merupakan informasi nomor dari PR yang dibuat.
PO Number PO Number merupakan informasi nomor PO Ketika PR sudah menjadi PO.
Department Department merupakan informasi Departemen dari user yang membuat PR.
PR Date PR Date merupakan informasi tanggal dari PR
Created By Created By merupakan informasi user yang membuat PR
Created Time Created Time merupakan informasi waktu PR dibuat
Notes Notes merupakan Notes atau catatan dari PR yang dibuat
Total Total merupakan informasi Total Amount dari PR.

1.2. Create Purchase Request

Proses Create atau Pembuatan Purchase Request dilakukan dengan menekan tombol Create new PR pada halaman Purchase Request List. Create Purchase Request berfokus pada product (Nama product) & jumlah yang dipesan.

Gambar 1.2. Create Purchase Request
Field Keterangan
PR No PR No merupakan nomor dari PR (jika dikosongkan akan dibuat otomatis oleh system)
PR Date PR Date merupakan tanggal dari PR
PR Due Date PR Due Date merupakan tanggal jatuh tempo PR (Belum ada efek terhadap modul lain)
Departement Departement merupakan informasi departemen yang membuat PR
Add New product Add New Product digunakan untuk pintasan akses Master Data >> Create Prodyct Inventory & digunakan untuk langsung membuat product Inventory.

**Jika memiliki akses ke Master Data Product Inventory

Add Product Add New product digunakan untuk menambah list produk & memilih produk yang memiliki inventory di master data.
Informasi Product
Field Keterangan
Action ( X ) Action (X) digunakan untuk menghapus product yang dipilih sebelumnya
Product Name Product Name merupakan informasi nama Produk yang dipilih & dapat di klik untuk memilih produk lain
Units Units merupakan informasi unit dari produk yang dipilih
QOH QOH merupakan informasi stock system per tanggal PR
QTY QTY merupakan informasi stock atau jumlah yang dipesan
Price Price merupakan informasi harga terakhir dari produk
Sub Total Sub Total merupakan nilai Price dikali Qty
Save Save
Cancel Cancel

1.3. Purchase Request Detail

Purchase Request Detail diakses dengan menekan PR Number & Sistem menampilkan Informasi Detail dari PR beserta tombol yang digunakan untuk memproses PR.

Gambar 1.3. Detail PR

Detail PR menampilkan Informasi (PR Number, Approval Status, produk yang dipesan & History action yang dilakukan pada PR) & Footer dari PR dapat ditambah informasi.

Field/Tombol Keterangan
Tombol
Tombol Keterangan
Tombol Edit Tombol Edit digunakan untuk mengubah informasi dari PR yang dibuat
Tombol Approve Tombol Approve digunakan untuk mereview & menyetujui PR
Tombol UnApprove Tombol UnApprove digunakan untuk membatalkan Approve (Unapprove dapat dilakukan jika level yang lebih tinggi belum approve)
Tombol Delete Tombol Delete untuk menghapus PR (jika PR belum di Approve & diproses oleh yang membuat PR
Tombol Close PR Tombol Close PR digunakan untuk menutup PR
Tombol Print Tombol Print digunakan untuk mencetak PR
Tabulasi

(Tab)

Tab Keterangan
Transaction Detail Informasi PR yang dibuat (Nama Produk, Qty, QOH, Price & Sub Total dari PR)
History History digunakan untuk melihat catatan atau action yang pernah dilakukan oleh team pada PR.
Approval Status

(Approval status dapat di klik untuk melihat Position atau user yang harus Approve.)

Approval status merupakan informasi status dari PR.

Status Keterangan
Pending Pending artinya PR masih dalam proses pengajuan
Approved Approved artinya PR sudah disetujui & bisa dilajutkan pada pembuatan PO

2. Purchase Order (PO)

Purchase Order (PO) merupakan sub modul yang digunakan untuk memproses PR atau membentuk PO dari PR (assign Produk pada PR ke Supplier), 1 PR dapat dibentuk menjadi beberapa PO sesuai dengan jumlah supplier yang dipilih ketika pembentukan PO dari PR. Modul Purchase Order di GuestPro dapat diakses dari Modul Logistic >> Purchase Order.

2.1. PO List

PO List merupakan halaman pertama yang tampil Ketika akses Purchase Order. Halaman PO List menampilkan Tabulasi sesuai dengan status dari PO.

Tab (Tabulasi) Keterangan
PO Requested PO Requested merupakan status ketika PO baru dibuat & Siap dikirim ke Supplier.
PO Closed PO Closed merupakan status untuk PO yang tidak dilanjutkan.
In Complete Incomplete merupakan status PO dengan kondisi receiving hanya Sebagian product.
Complete Complete merupakan status PO yang sudah direceiving semua Productnya.

Halaman PR list menampilkan informasi Purchase Request yang terdiri dari: PR Number PO, Number, Department, PR Date, Created By, Created Time, Notes, Total.

Field Keterangan
PO Number PO Number merupakan informasi Nomor PO
PR Number PR Number merupakan PR asal dari PO
Department Department merupakan Departemen yang membuat PR/PO
PO Date PO Date merupakan tanggal PO
Supplier Name Supplier Name merupakan Nama Supplier dari PO
Created By Created By merupakan user yang membuat PO
Created Time Created Time merupakan informasi waktu dibuatnya PO
Notes Notes merupakan Catatan dari PO
Total Total merupakan total nilai PO

2.2. PO Detail

Purchase Order Detail diakses dengan menekan PO Number & Sistem menampilkan Informasi Detail dari PO beserta tombol yang digunakan untuk memproses PO.

Gambar 2.1. Detail PO

Detail PR menampilkan Informasi (PO Number, Delete, Close PO) & Footer dari PO dapat ditambah informasi.

Field/Tombol Keterangan
Tombol
Tombol Keterangan
Tombol Edit Tombol Edit digunakan untuk mengubah Qty & Harga dari PO yang dibuat
Tombol Close PO Tombol Close PO digunakan untuk menutup PO.
Tombol Receiving Tombol Receiving digunakan memproses Receiving langsung dari PO.
Tombol Delete Tombol Delete untuk menghapus PR (jika PR belum di Approve & diproses oleh yang membuat PR
Tombol Close PR Tombol Close PR digunakan untuk menutup PR
Tombol Print Tombol Print digunakan untuk mencetak PR

2.3. Create PO From PR

Create PO From PR dilakukan dengan menekan tombol Search PR, system secara otomatis menampilkan list PR dengan status Approved & Incomplete kemudian user diminta untuk memilih

Gambar 2.2. Create PO from PR

Proses pembentukan PO dari PR, user diminta untuk memilih Supplier dari masing-masing product & penyesuaian Qty product per supplier.

Gambar 2.3. Assign Supplier (Create PO From PR)

PO yang terbentuk menyesuaikan dengan jumlah supplier yang dipilih dalam pembuatan PO dari PR.

2.4. Create PO Tanpa PR

Create PO tanpa PR dilakukan dengan menekan tombol Create pada halaman PO List. Create PO tanpa PR mewajibkan User untuk input Tanggal PO, Departemen, Product, Qty Product & harga product (Tanpa adanya validasi & Batasan seperti Create PO From PR).

Was this article helpful?

Related Articles