Accounting – Expenses

Expenses

Expenses digunakan untuk mengelola pengeluaran pada properti (pembelian barang, pembayaran listrik, air, internet dan lainnya).

Gambar 1. Halaman Expenses

            Halaman Expenses (Gambar 1) merupakan halaman yang pertama kali dilihat ketika akses Accounting >>Expenses. Halaman Expenses menampilkan semua data expenses berdasarkan filter tanggal yang ditentukan. Warna transaksi merah muda menandakan transaksi belum dibayarkan.

1.1    Create Expenses

Pembuatan expenses baru dilakukan dengan klik Tombol Create Expenses kemudian mengisikan form expenses terlebih dahulu.

Gambar 2. Form Create Expenses

Tabel 1. Form Expenses

 

Field Keterangan
Transaction No Transaction No merupakan nomor transaksi (dapat dikosongkan)
Date Date merupakan informasi tanggal dilakukannya expenses
Due Date Due Date merupakan informasi tenggang waktu pembayaran
Department Department merupakan informasi departemen yang melakukan expenses
Supplier Supplier merupakan informasi supplier
Ref No Ref No merupakan nomor referensi
Notes Notes merupakan catatan dari expenses
Expenses By Expenses dapat dilakukan dengan Add By Account atau Add By Product

Expenses By Keterangan
Add By Account Transaksi langsung diakui sebagai pengeluaran
Add By Product Transaksi yang dijadikan stok (pembelian barang)
Remark Remark merupakan catatan terkait expenses
Qty Qty merupakan jumlah barang yang dibeli
Amount Amount merupakan harga satuan barang/product/jasa
Use Payment Use Payment dicentang jika expenses yang diinputkan langsung dibayarkan

Field Keterangan
Payment Date Tanggal pembayaran dilakukan
Payment Method Metode pembayaran yang digunakan
Currency Mata uang yang digunakan
Total Paid Jumlah pembayaran yang dilakukan
Notes Tambahan keterangan untuk pembayaran yang dilakukan

Jika semua kolom sudah dilengkapi untuk menyimpan transaksinya bisa dilakukan dengan klik tombol Save.

1.2    Detail Expenses

Detail Expenses menampilkan informasi expenses yang dibuat, detail expenses dapat dilihat dengan menekan Transaction No.

Gambar 3. Detail Expenses

Detail Expenses menampilkan informasi nomor transaksi, informasi account atau product yang dilakukan expenses. Expenses memiliki 4 tombol, yaitu :

Tabel 2. Tombol pada Detail Expenses

Tombol Keterangan
Edit Tombol Edit digunakan untuk melakukan perubahan atau modif dari expenses yang sudah dibuat
Payment Tombol Payment digunakan untuk melakukan pembayaran expenses
Print Tombol Print digunakan untuk mencetak expenses
Delete Tombol Delete digunakan untuk menghapus expenses yang sudah dibuat

 

Was this article helpful?

Related Articles