FrontDesk – Night Audit

Night Audit

Night Audit merupakan Sub modul yang dipergunakan untuk proses mengakhiri hari (tutup buku harian). Night Audit akan mengubah tanggal sistem ke hari berikutnya. Contohnya tanggal 1 Januari setelah dilakukan Night Audit akan berubah menjadi tanggal 2 Januari (Sistem tanggal aplikasi pada GuestPro tidak mengikuti tanggal harian secara otomatis).

Night Audit dapat dilakukan dengan mengakses Front Desk >> Night Audit lebih detail dapat dilihat pada Gambar 1.

Gambar 1. Halaman Night Audit

            Halaman Night Audit merupakan halaman yang menampilkan Data Transaksi, Tombol Proses Night Audit, Print dan Export. Tombol Export berfungsi untuk Export Data Transaksi kedalam Excel atau sejenisnya. Tombol Print berfungsi untuk print Data Transaksi (pdf), sementara Tombol Proses Night Audit merupakan tombol yang berfungsi untuk melakukan Night Audit. Tombol Proses Night Audit akan muncul ketika semua reservasi sudah selesai diproses. Berikut contoh reservasi yang belum terproses (Unclear Reservation).

Gambar 2. Unclear Reservation

Unclear Reservation (Gambar 2) merupakan kondisi dimana terdapat reservasi yang belum selesai. Contohnya adalah jika terdapat reservasi dengan status Definite belum di Check In, Cancel, No Show, atau Status Check In belum dilakukan proses Check Out, maka reservasi tersebut harus diselesaikan untuk dapat melakukan proses Night Audit. Data Transaction berisikan informasi transaksi Room Charge, Point of Sale dan Payment.

Was this article helpful?

Related Articles