Payment Method
Payment Method digunakan untuk menambahkan data metode pembayaran yang ada atau digunakan di properti. Master Data Payment Method berfungsi untuk mendaftarkan, edit atau delete metode pembayaran yang tersedia di properti.
Gambar 1. Halaman Payment Method
Halaman Payment Method (Gambar 1) dapat diakses melalui Master Data >> Payment Method. Halaman Payment Method menampilkan informasi List Payment Method yang sudah didaftarkan pada sistem (Name (nama metode pembayaran), Payment Method Type, dan Payment Account). Halaman Payment Method memiliki 4 tombol didalamnya yaitu: Tombol Add New, Action, Edit & Delete.
1.1 Add New Payment Method
Add New Payment Method berfungsi untuk menambahkan data Payment Method pada sistem. Berikut langkah-langkah untuk mendaftarkan Payment Method baru:
- Pertama klik tombol Add New pada halaman Master Data Payment Method
Gambar 2. Add New Payment Method
Proses awal menambahkan Payment Method baru yaitu dengan menekan tombol Add New pada Halaman Master Data Payment Method (Gambar 2).
- Langkah Kedua untuk menambahkan Payment Method yaitu pengisian Data pada Form
Gambar 3. Form Pendaftaran Payment Method
Form pendaftaran Payment Method (Gambar 3) muncul ketika tombol Add New di klik. Data yang harus dilengkapi pada Form Add New Payment Method yaitu:
Tabel 1. Field Form Add Payment Method
Field | Keterangan |
Name | Name diisikan dengan nama metode pembayaran |
Payment Method Type | Payment Type merupakan tipe pembayaran dari payment method yang dibuat. |
Payment Account | Payment Account merupakan akun penampung, data diambil dari COA Lvl 4 |
Assign To | Assign To digunakan untuk mendeklarasikan Team yang bisa menggunakan Payment Method yang dibuat |
Position Order | Position Order digunakan untuk mengurutkan Tampilan Position Order (Dimulai dari 0) |
Use Settelment | Use Settelment digunakan untuk mendeklarasikan bahwa Payment Metod perlu konfirmasi Accounting (Ketika Payment Method digunakan, maka akan muncul Settelment List & Team Accounting harus konfirmasi agar mempengaruhi Report, Biasanya digunakan untuk Creadit Card) |
Semua data wajib untuk diisikan pada proses pendaftaran Payment Method. Proses pendaftaran Payment Method tidak akan dapat dilanjutkan jika data tidak diisikan (kosong).
- Langkah terakhir untuk menambahkan Payment Method baru
Gambar 4. Submit atau Cancel Add Payment Method
Langkah terakhir proses Add Payment Method yaitu dengan menekan tombol Submit atau Cancel (Gambar 4). Tombol Submit digunakan untuk menyimpan data payment method sedangkan Tombol Cancel untuk membatalkan proses pendaftaran Payment Method baru.
1.2 Edit Payment Method
Edit Payment Method berfungsi untuk melakukan perubahan data yang sudah didaftarkan sebelumnya. Edit dilakukan dengan menekan Tombol Edit pada halaman Master Data Payment Method.
1.3 Delete Payment Method
Delete Payment Method berfungsi untuk menghapus data Payment Method yang sudah didaftarkan sebelumnya. Delete dilakukan dengan menekan Tombol Delete pada halaman Master Data Payment Method.