Master Data – Point of Sale

Point of Sales (POS)

Point of Sale digunakan untuk menambahkan data POS (Outlet) yang ada atau digunakan di properti. Master Data Point of Sale berfungsi untuk mendaftarkan, edit atau delete POS yang tersedia di properti.

Gambar 1 Halaman POS

Halaman Point of Sale (Gambar 1.53) dapat diakses melalui Master Data >> Point of Sale.  Point of Sale menampilkan informasi list point of sale yang sudah didaftarkan pada sistem (Nama, Income Account). Halaman Point of Sale memiliki 4 tombol didalamnya yaitu: Tombol Add New, Action, Edit & Delete.

1.1 Add New Point of Sale

Add New Point of Sale berfungsi untuk menambahkan data Point of Sale pada sistem. Berikut langkah-langkah untuk mendaftarkan Point of Sale baru:

  1. Pertama klik tombol Add New pada halaman Master Data Point of Sale

Gambar 2 Add New Point of Sale

Proses awal menambahkan Point of Sale baru yaitu dengan menekan Tombol Add New pada Halaman Master Data Point of Sale (Gambar 2).

 

  1. Langkah kedua untuk menambahkan Point of Sale yaitu pengisian data pada form


Form pendaftaran Point of Sale (Gambar 3) muncul ketika Tombol Add New di klik, pada Form Add New Point of Sale data yang harus diinputkan yaitu:Gambar 3 Form Pendaftaran Point of Sale

Tabel 1 Field Form Add Point of Sale

Field Keterangan
Name Name diisikan dengan nama Point of Sale
Warehouse Warehouse adalah gudang yang digunakan oleh POS (jika tidak menggunakan warehouse dapat dikosongkan)
POS Type POS Type digunakan untuk menentukan tipe dari POS, adapun type nya :

  • Standard : Settingan POS tanpa meja dan penjadwalan.
  • Table Management : POS mendapatkan tambahan fitur pengelolaan meja, meja di POS tersebut bisa dikonfigurasi dan saat transaksi mejanya bisa dipilih
  • Ticket : POS untuk sistem desktop dari GuestPro.
  • Schedule :  POS mendapat tambahan fitur penjadwalan di POS.
Image Image dipergunakan untuk upload gambar POS
Description Description digunakan untuk menambahkan informasi mengenai POS
User Access User Access digunakan untuk pengaturan tim yang dapat mengakses POS
Tax & Service tax & service merupakan fitur yang dapat digunakan untuk konfigurasi informasi tax & service tampil di struk atau tidak pada masing-masing POS

Proses pendaftaran Point of Sale semua data wajib untuk diisikan. Proses pendaftaran Point of Sale tidak akan dapat dilanjutkan jika data tidak diisikan (kosong).

  1. Langkah terakhir untuk menambahkan Point of Sale baru

Gambar 4 Submit atau Cancel Add Point of Sale

            Langkah terakhir proses menambahkan Point of Sale yaitu dengan menekan Tombol Submit atau Cancel (Gambar 4). Tombol Submit digunakan untuk menyimpan Point of Sale sedangkan Tombol Cancel membatalkan proses pendaftaran Point of Sale baru.

 

1.12.2. Edit Point of Sale

Edit Point of Sale berfungsi untuk melakukan perubahan data pada Point of Sale yang sudah didaftarkan sebelumnya. Edit dilakukan dengan menekan Tombol Edit pada halaman Master Data Point of Sale.

 

1.12.3. Delete Point of Sale

Delete Point of Sale berfungsi untuk menghapus data Point of Sale yang sudah didaftarkan sebelumnya. Delete dilakukan dengan menekan Tombol Delete pada halaman Master Data Point of Sale.

Was this article helpful?

Related Articles